Mengenal Among Among, Tradisi Sedekah Orang Jawa

Mengenal Among Among, Tradisi Sedekah Orang Jawa

Hari ini tepat tanggal lahir penanggalan jawa anak saya yg ke 2, hari pasaran kalau kita bilang. Beberapa daerah mungkin masih ada yg menjalankan tradisi unik ini. “Among-among” sebuah tradisi sederhana sebagai wujud syukur sebagai org yg masih hidup, begitu kata nenek nya nenek jaman dulu. Jika kalian ingin Mengenal Among-among Tradisi Sedekah Orang Jawa, Simak terus ya.

Among-among berasal dari kata Pamomong atau ngemong yg memiliki arti penjaga/pelindung/utusan/pengasuh jiwa. Biasanya setiap hari weton nya anak saya, saya dan istri mengumpulkan anak-anak tetangga sekitar untuk makan bareng, gk banyak memang makanan yg disajikan, hanya nasi dan lauk sederhana yg dibungkus daun pisang.

Berbeda dengan ulang tahun yg biasanya diadakan 1 tahun sekali , among among diadakan setiap 35 hari sekali. Tentu saja bukan hal yg wajib dilakukan, karena ini hanya tradisi.

Tentu acaranya gk semeriah ulang tahun yg ada badut atau kue Tar bergambar bagus. Tujuannya hanya ingin mengajak anak2 sekitar makan bareng, sambil mengenalkan anak saya yg masih balita untuk mengenal Lingkungannya.

Tidak ada mantra2 khusus untuk acara ini, hanya berdoa bersama meminta perlindungan dari sang Pencipta.

Among among biasanya saya lakukan sampai anak saya berusia 2 tahun,. anak saya yg pertama juga saya perlakukan yg sama. Untuk among2 anak saya yg kedua ini sengaja saya buat tulisan untuk sekedar share Tentang tradisi unik ini, dan kebetulan pas dengan Hari pertamanya anak saya nginjak Bumi atau mudun lemah.

Tags: #Among among #Apa itu Among among

Tinggalkan pesan "Mengenal Among Among, Tradisi Sedekah Orang Jawa"